ASSALAMUALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKATUH SELAMAT DATANG DI BLOG BOCI HPPC, SELAMAT MEMBACA DENGAN SEKSAMA DAN TERIMAKASIH, JANGAN LUPA LIKENYA DAN KOMENTARNYA WASALAMUALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKATUH

Jumat, 12 Desember 2014

Tebar Diskon Belanja Online, Untung Apa Buntung?


Diskon jor-joran sehari penuh yang ditawarkan oleh 78 perusahaan e-commerce yang ada di Indonesia diyakini tak akan membuat mereka rugi. Bahkan diakui, volume belanja yang menggila di Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) ini malah bikin mereka untung besar.

Salah satu yang optimistis Harbolnas tahun ini bakal sukses besar adalah situs e-commerce Lazada. Bahkan Andry Huzain, SVP Marketing & Business Development Lazada Indonesia, merasa yakin Harbolnas tahun ini akan memecahkan rekor tahun-tahun sebelumnya.

"Rekornya bisa dilihat dari trafik dan transaksi, tergantung e-commerce-nya. Kalau dari Lazada sendiri estimasinya puluhan miliar rupiah," kata Andry kepada detikINET tanpa mau merinci secara detail, Jumat (12/12/2014).

Harbolnas yang digelar setiap tanggal 12 Desember sudah tiga tahun diadakan. Pertama kali dicetuskan oleh Lazada pada tahun 2012 lalu dengan dukungan Telkomsel, tahun ini 78 e-commerce dari berbagai kategori akan berkolaborasi untuk memecahkan rekor jumlah belanja online tahun ini. 

Tujuan utama dari diselenggarakannya Harbolnas ini adalah untuk terus mengembangkan dan memajukan ekosistem e-commerce di Indonesia dengan memperkenalkan layanan dan beragam penawaran yang dihadirkan oleh para pelaku industri e-commerce dari berbagai kategori, mulai dari lifestyle, fashion, gadget dan elektronik, travel, F&B, hingga properti.

Harbolnas 2014 diselenggarakan selama 24 jam dengan menghadirkan beragam penawaran menarik bagi konsumen di seluruh Indonesia, bahkan diskon hingga 90% serta penawaran istimewa, khususnya bagi pelanggan Telkomsel.

Menurut Andry, industri e-commerce di Indonesia diprediksi akan tumbuh hingga USD 25 miliar pada tahun 2016. Hal ini direfleksikan melalui hasil riset yang menunjukan bahwa satu dari dua konsumen di Indonesia yang sudah terekspos dengan informasi melalui internet akan memiliki kecenderungan untuk mencoba berbelanja online. 


"Ini menjadi kesempatan besar bagi para pelaku e-commerce di Indonesia untuk mendewasakan ekosistem e-commerce dengan menghadirkan pengalaman terbaik dalam berbelanja online,” jelasnya.

Tingkat kepercayaan, keamanan pembayaran, proses pengiriman dan kualitas barang yang diterima merupakan empat faktor utama bagi para pelaku e-commerce di Indonesia untuk memastikan pengalaman berbelanja online yang menyenangkan. Karena rekomendasi orang terdekat menjadi salah satu faktor utama bagi konsumen untuk mencoba berbelanja online.

Banyaknya jumlah partisipan e-commerce yang bergabung pada Harbolnas ini menghasilkan banyaknya pula mitra kerja sama yang mendukung kegiatan ini. Telkomsel, CIMB Niaga, Veritrans, Baidu Indonesia dan JNE merupakan beberapa mitra kerja sama yang berpartisipasi untuk memastikan konsumen dapat menikmati Harbolnas 2014.

Menurut Derrick Heng, Vice President Postpaid Marketing Telkomsel, pelanggan operator seluler itu bisa mendapatkan penawaran istimewa dari para e-commerce dengan cara menukar 12 Telkomsel Poin. 

"Melalui kolaborasi dengan para e-commerce ini, pelanggan Telkomsel tidak hanya akan menikmati diskon dan penawaran khusus di belanja, namun juga dapat merasakan kenyamanan akses internet dengan jaringan Telkomsel," kata Derrick. 

Sementara khusus nasabah CIMB Niaga, transaksi belanja online dengan menggunakan Kartu Kredit CIMB Niaga akan mendapatkan keuntungan berupa tambahan diskon hingga 12% dan hadiah 2 unit Samsung Galaxy Grand Neo untuk 2 nasabah dengan akumulasi belanja tertinggi.

Baidu Indonesia juga turut mendukung penyelenggaraan Harbolnas dengan menyediakan informasi seputar Harbolnas melalui aplikasi Baidu Browser dan dengan memasang link khusus di situs Hao123 (http://id.hao123.com).


“Sebagai perusahaan penyedia aplikasi dan teknologi, kami akan memberikan informasi serta memfasilitasi para pengguna Baidu Browser dan Hao123 untuk ikut serta meramaikan Harbolnas”, ungkap Kemas Antonius, Product Manager Baidu Indonesia.

Sebagai online payment gateway, Veritrans pun tak mau ketinggalan. Menurut Budi Gandasoebrata, direktur Veritrans, pihaknya berusaha menyediakan infrastruktur pembayaran yang kuat untuk mengakomodasi pertumbuhan e-commerce yang sangat pesat di Indonesia.

"Kegiatan ini adalah suatu cerminan dari pencapaian yang signifikan di industri ini. Veritrans sangat bangga bisa ikut mendukung," tandas Budi.

0 komentar :

Posting Komentar